MENULIS KEMBALI


Dongeng Yus R. Ismail
Saya dalam ilustrasi pelukis Nathansyah. Mirip nggak, ya? 

Kembali menulis seperti mengunjungi kenangan-kenangan. Sejak kecil saya sudah terbiasa menulis. Menulis tidak saja menjadi kegiatan berpikir, menyampaikan pendapat dan perasaan, merenung, tapi juga introsfeksi. Istilah saya dulu, menulis adalah usaha menjadi manusia yang lebih manusiawi. Karenanya menulis kali ini saya khususkan berupa fiksi (cerpen-puisi-novel) yang sejak dulu menjadi hobi saya.
Seiring bertambah usia kegiatan menulis tersisihkan oleh rutinitas kerja. Tentu karena semakin besar tanggung jawab, baik pribadi atau sosial, terutama yang berkaitan dengan masalah ekonomi. Menulis selalu dianggap pekerjaan yang kurang mapan bila dilihat secara ekonomi. Meski semakin banyak penulis yang membuktikan diri bisa hidup mapan secara ekonomi.
Tidak ada komputer, saya pun menulis tangan; menyerap semangat "tidak ada alasan apapun untuk tidak menulis" ....

Hampir sepuluh tahun, masa 2003 sampai akhir 2012, saya berhenti menulis. Di dokumentasi komputer saya hanya ada dua-tiga judul cerpen selama kurun waktu itu. Memulai lagi menulis tentu saja tidak gampang. Hanya mental dan pengalaman yang membedakan saya dengan para penulis pemula lainnya. Nyatanya memang seperti itu. Hanya untuk menyelesaikan sebuah cerpen saja perlu kesabaran dan ketekunan. Hanya untuk menembus satu media saja perlu kesabaran dan jalan yang panjang.
Dongeng Yus R. Ismail
Ini saya dan istri, Lina Herlina, dan ketiga anak saya: Semilir, Rofi, dan Rakey. Seperti juga menulis yang "merasa" tiba-tiba sudah ratusan judul, punya anak pun perasaan satu-satu, tiba-tiba sekarang sudah tiga. Tapi jarang yang tahu kalau saya punya cita-cita punya anak yang banyak, nanti ceritanya ya.....

Apalagi ketika memulai menulis lagi saya tidak hanya memakai nama Yus R. Ismail (nama pena sebenarnya), tapi juga memakai nama Yosep Rustandi (nama di KTP sebenarnya). Mungkin ada redaktur yang masih mengenal nama Yus R. Ismail sebagai penulis, tapi nama Yosep Rustandi benar-benar baru.
Alhamdulillah, dalam waktu tiga tahun sudah banyak media yang memuat tulisan (terutama cerpen) saya. Tidak hanya media yang terbit di Bandung dan Jakarta yang saya kirimi tulisan, tapi juga media daerah lainnya di seluruh pelosok Indonesia. Tentu saja banyak pengalaman yang (saya rasa) berguna bagi para penulis pemula.
Blog dongengyusrismail@blogspot.com ini tidak hanya menghimpun dokumentasi tulisan saya, tapi juga tempat berbagi pengalaman itu. Semoga bermanfaat. **



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENULIS KEMBALI"

Posting Komentar