BUKU YANG TELAH TERBIT

1.       POHON TUMBUH TIDAK TERGESA-GESA

Buku kumpulan cerpen ini diterbitkan oleh Syaamil tahun 2003. Berisi 16 cerpen yang semuanya pernah dimuat media cetak. Media cetak yang pernah memuat cerpen di buku ini adalah Media Indonesia, Republika, Kompas, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Pikiran Rakyat, Matra, dan Horison. 

2. BAIT SURAU

Novel ini merupakan respon dari naskah film Bait Surau yang skenarionya ditulis oleh S. Richyana dan disutradarai H. Kuswara Sastra Permana. Novel yang ditulis berdua dengan Rakha Wahyu ini diterbitkan oleh Two Synergi Publisher tahun 2012. STOK BUKU INI MASIH ADA. BAGI YANG INGIN MEMESAN, SILAHKAN HUBUNGI: WA:  085772751686 HARGA Rp 35.000,-
2       AMBILKAN BULAN, BU

Buku ini diterbitkan Syaamil, tahun terbitnya 2003. Novel ini pernah dimuat secara bersambung di tabloid Nova dari edisi 23 Februari 2003 sampai 29 Juni 2003. Novel ini berkisah tentang Lia yang merespon nasib dengan “berserah diri” dan Ita yang “berjuang keras” mencari keadilan. Tapi namanya juga keadilan manusia di dunia, bila tidak “berbesar hati” pasti sudah prustrasi. Ada pembaca yang mengaku menangis membaca novel ini. Saya ingat, saya pernah jatuh cinta kepada kedua tokoh wanita di novel ini. Dan saya juga menangis waktu menulis dan mengenangnya.  

    PENCURI HATI

Buku ini pun merupakan kumpulan cerpen. Rasanya semua cerpen di buku ini pernah dimuat media cetak. Sebagian saya tulis waktu masih kuliah di Unisba (Universitas Islam Bandung), tapi ada juga yang ditulis sewaktu saya masih SMA. Diterbitkan oleh penerbit PT Syaamil. Tahun dan daftar cerpennya masih belum tahu, karena buku dokumentasinya hilang.
4     SURAU SERIBU SANTRI

Ini adalah buku serial cerita untuk bacaan anak. Tapi kisah-kisahnya diambil dengan nuansa sufistik. Ada yang menganggap ini bacaan berat untuk anak. Padahal menurut saya, anak-anak itu luar biasa imajinasinya. Lihat saja Harry Potter, dongeng-dongeng, cerita rakyat, sangat menyenangkan karena imajinasinya yang hebat. Di buku ini imajinasi seperti itu diarahkan dengan nuansa sufistik. Diterbitkan oleh penerbit PT Syaamil, tahunnya lupa, karena bukunya tidak punya. Semua cerita di buku ini belum pernah dipublikasikan media manapun, karena memang khusus ditulis untuk buku ini.
         5. SI KABAYAN JADI SUFI

Buku ini berisi kisah-kisah Si Kabayan yang ditafsir dan ditulis ulang. Judul seperti Si Kabayan Jadi Sufi adalah menafsir kembali kisah Si Kabayan Mencuri Nira. Sebagian malah dikarang sendiri. Seperti dalam judul Mesin Cantik, Si Kabayan Jadi Ustad, dan Di Bawah Pohon Rindang. Diterbitkan oleh Pustaka Latifah, tahunnya lupa karena bukunya hilang. Buku ini sempat dua kali cetak ulang. Dan sebuah penerbit yang biasa menjual buku dengan bazar ke sekolah-sekolah, sempat “mencuri” kisah Si Kabayan di buku ini sekaligus dengan gambar-gambarnya, tapi tidak mencantumkan nama penulisnya.
6.      SEPANJANG JALAN CINTA

Buku kumpulan cerpen ini diterbitkan oleh Q-Press. Juga berisi cerpen-cerpen yang pernah dimuat media cetak. Tapi masih belum diketahui datanya, karena buku dokumentasinya hilang. Semoga ada yang memiliki buku ini dan mengabari cerpen apa saja yang terhimpun di buku ini dan tahun terbitnya.
 8.      DISEBABKAN OLEH CINTA

Buku kumpulan cerpen ini pertama terbit Oktober 2002 oleh penerbit FBA Press. Berisi 14 cerpen yang hampir semuanya pernah dimuat media cetak. Hanya cerpen Disebabkan Oleh Cinta yang belum dimuat media cetak, karena memang khusus ditulis untuk buku ini. Cerpen lainnya pernah dimuat Nova, Pikiran Rakyat, Annida, Ceria, Mitra Desa, dan Mode. Buku ini sempat dicetak ulang tahun berikutnya. Buku ini syarat emosi bagi saya. Karena dengan honor dari buku inilah saya membeli mahar untuk menikah hehe...

9.      AIRMATA DOA
Buku kumpulan puisi ini berisi 52 puisi yang ditulis sejak masih remaja sampai masa kuliah. Sebagian besar puisi-puisi di buku ini pernah dimuat di Mitra Desa, Bandung Pos, Pikiran Rakyat, Suara Karya, Suara Pembaruan, Ceria, Koran Tempo, Ulumul Qur’an, Horison, dsb. Diterbitkan oleh Pustaka Latifah tahun 2010.

9. DONGENG PUTRI BULAN

Cerpen-cerpen dalam buku ini termasuk yang paling "enjoy" saya mengerjakannya. Berkisah tentang dongeng di masa kecil, Putri Bulan yang katanya tidak bisa pulang ke bumi, legenda penakluk harimau, sumur tua tempat harimau menemukan dirinya, dsb. Sungguh, kisah-kisah yang ajaib yang pernah singgah di pikiran dan hati saya. Kisah-kisah yang selalu saya rindukan.

10. 
novel yus r. ismail


Novel ini mengisahkan tentang cinta dalam pandangan pertama dan tidak pudar lagi. Rere merasakan itu sejak kecil ketika mengenal Rama. Saat Rama yang sejak kecil "tertekan" dengan orang tuanya yang selalu memasukkannya ke kursus ini kursus itu, harus begini dan begitu, juga saat dia semakin prustrasi karena divonis penyakit berat, juga saat Rama melampiaskan kekecewaannya dengan memarahi Rere; Rere masih tetap mencintainya. Cinta yang tanpa pamrih itu berakhir tragis dalam pandangan kita sebagai manusia. Tapi cinta seperti itu selalu meninggalkan jejak, haru, dan keikhlasannya tak pernah lenyap dari dunia ini. Novel ini dipasarkan Gramedia grup melalui ebook.

kumpulan cerpen yus r. ismail

Kumpulan cerpen ini berisi belasan cerita tentang cinta. Mulai dari cinta alami antara seorang perempuan dan seorang lelaka, sampai cinta yang lebih jauh menjangkau Sang Mahacinta. Saya pernah begitu asyik dan seperti berada di dunia yang luar biasa saat menuliskan berberapa judul di buku yang dipasarkan penerbit BIP (Gramedia grup) ini.



BUKU BERSAMA
1.      NENG MAYA dan MISS MAYA AND OTHER SUNDANEESE STORIES

Di buku ini ada lima carpon (cerpen berbahasa Sunda). Buku ini merupakan kumpulan carpon yang dipilih oleh C.W Watson dari carpon-carpon yang pernah dimuat Tribun Jabar. Edisi bahasa Inggris diterjemahkan oleh C.W. Watson. Kedua buku ini diterbitkan oleh Kiblat bulan Desember 2014 (Dicetak kembali oleh Yayasaan Lontar). Sebelumnya carpon Imah Kontrakan (The Ranted House) dimuatkan di majalah Malays World yang terbit di Inggris.
2.      MERAH DI JENIN
3.      CERMIN DAN MALAM GANJIL
4.      BUNGA-BUNGA CINTA

5.      PEREMPUAN BERBIBIR KUPU-KUPU
6.      20 TAHUN CINTA
7.      MATAHARI TAK PERNAH SENDIRI

8.      DI SINI ADA CINTA

9.      LELAKI SEMESTA

10.  LUKA TELAH MENYAPA CINTA

11.  SENJA DI OENO KOEN

12.  DLL


CERITA ANAK

1.      SI LEUNGLI

Cerita rakyat yang ditulis dalam bentuk puisi ini pernah diterbitkan secara terbatas hanya untuk pemasaran di Jawa Barat. Buku edisi murah ini tebalnya hanya 16 halaman saja. Gambarnya sengaja dimungkinkan untuk diwarnai. Setting dan ilustrasi lucu-lucu, semua dikerjakan oleh ilustratos keren Athan Van Java. .    
2.      SITU BAGENDIT
3.      TANGKUBAN PERAHU
4.      TELAGA WARNA
5.      DONGENG MENDIDIK DARI DUNIA BINATANG

Buku ini merupakan kumpulan fabel. Berisi 25 dongeng binatang yang sebagian pernah dimuat di Kompas Anak, Lampung Pos dan Analisa. Diterbitkan oleh Laksana Kids tahun 2015. Ilustrasinya semua berwarna. Harga Rp 40.000. 

cerpen yus r. ismail

Ada belasan cerpen di kumpulan cerpen ini. Sebagian mungkin sudah dimuatkan di beberapa media seperti Kompas Anak, Umi, Solo Pos, dan lainnya. Saya selalu menyelipkan pengetahuan umum dalam menulis cerpen anak. Asyik juga mengikuti anak saya yang sedang belajar menulis cerita. Sampai kemudian anak saya malah mogok menulis (entah kenapa, mudah-mudahan tidak lama), saya malah keterusan. Payung-Payung Impian ini dipasarkan penerbit BIP (Gramedia grup).

cerpen yus r. ismail

Ini adalah kumpulan dongeng binatang. Awalnya saya hanya menuliskan dongeng-dongeng yang selalu saya dongengkan menjelang anak-anak tidur. Luar biasa ternyata daya tangkap anak-anak terhadap dongeng. Meski mereka belum masuk sekolah, tapi mereka mendesak saya untuk punya koleksi dongeng yang banyak. Saat kecil saya banyak didongengi cerita kancil, buaya, kura-kura, monyet. Tapi ternyata itu tidak cukup. Saya dipaksa untuk mencari tambahan dongeng. Mereka tidak bosan meski kita mendongeng yang itu-itu juga. Tapi saat kita mendongeng cerita baru, antusiasnya begitu hebat. Semoga bisa menjadi koleksi dongeng untuk diceritakan kepada anak-anak. Buku ini diterbitkan oleh Visi Mandiri, tapi detail dan harganya saya lupa. (mudah-mudahan bagian ini nanti diperbaiki ya)...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BUKU YANG TELAH TERBIT"

Posting Komentar