CARA MENGIRIM CERPEN KE TABLOID NOVA




Tabloid Nova adalah media yang diperuntukkan bagi wanita. Rubrik-rubriknya tentu saja berkenaan dengan kewanitaan dan keluarga. Keterampilan memasak, berita keluarga, kisah hidup sukses seseorang dan sedikit gosip. Di tabloid yang merupakan bagian dari grup Gramedia ini ada rubrik cerpen. Dulu ada juga halaman Cerita Bersambung, tapi sekarang sudah tidak terlihat lagi.
Tentu saja cerpen yang banyak dimuat Nova bertema kewanitaan. Cerpen seperti apa yang biasanya banyak dimuat? Sebaiknya seorang penulis (cerpenis), sepemula sekalipun, sebaiknya mengamati sendiri cerpen-cerpen yang sering dimuat media yang ingin ditembusnya. Cara kerja seperti ini tidak begitu sulit saat ini. Minta bantuan Google atau mesin pencari lainnya, cari sebanyak-banyaknya cerpen yang pernah dimuat tabloid Nova, baca dan pelajari.


Tapi pengalaman saya seperti ini:
Tahun 1990-an banyak cerpen saya yang dimuat Nova. Pernah juga malah memuatkan Cerita Bersambung yang bisa dibaca DI SINI. Sejak tahun 2003 saya tidak lagi mengirim cerpen ke Nova. Baru setahun kemarin (2014) saya mencoba mengirim cerpen lagi ke Nova, dengan nama yang berbeda dari dulu.
Harus diakui, mengarang cerpen dan mempublikasikannya di media adalah persoalan mengibarkan brand. Jika kita adalah seorang pengarang yang sudah ternama, jangan khawatir menulis cerpen yang (kualitas) biasa. Redaktur tetap saja akan mempertimbangkan nama. Cerpen biasa itu akan dipikir-pikir (dirasa-rasakan) kandungan “nilainya”. Jika kita pengarang pemula, tentu perjuangannya harus lebih keras. Belajar lagi, membaca lagi, menulis lagi, dan mengirimkannya lagi. Nah, cerpen-cerpen saya dengan nama baru itu tentu saja ikut bersaing sengit sebagai pemula lagi. Alhamdulillah, dari sekian yang dikirim ada dua cerpen yang kemudian dimuat Nova. Ini catatannya:
Cerpen Gehu Pedas dikirim tanggal 20 Oktober 2014 dan dimuat tanggal 3-6 November 2014. Cerpen Arum dikirim tanggal 11-2-2015 dan dimuat tanggal 2-8 Maret 2015. Sepertinya Nova tidak lama masa tunggunya. Dua cerpen itu dimuat dalam waktu kurang dari sebulan. Tapi sebaiknya di catatan pengiriman ditegaskan: kita tunggu pemuatan atau konfirmasi selama 2-4 bulan misalnya.
Mengenai tema, sepengalaman saya, Nova suka dengan karakter wanita yang tegar, berjuang menghadapi kerasnya hidup, perhatian sosial, bijak menyikapi lingkungan. Tentu saja bertebaran juga karakter lainnya. Tema yang agak berat, cara bertutur yang (mungkin) agak aneh untuk media populer, kadang dimuat juga. Tapi ya itu tadi, begitu dilihat pengarangnya, oh dia kan sudah terkenal.
Oh ya, email Nova yang saya tuju adalah nova@gramedia-majalah.com. Panjang cerpen tidak ada pemberitahuan di Nova. Tapi cerpen saya, Gehu Pedas 9.327 karakter dengan spasi, Arum 9.547 karakter dengan spasi. Mengenai honor, aduh saya lupa pasnya: sekitar 1-2 minggu setelah dimuat ditransfernya, jumlahnya Rp 400.000,- kurang sedikit (mungkin dipotong pajak). 
Apa lagi, ya? Oh ya, kalau ingin membaca cerpen Gehu Pedas bisa dilihat DI SINI, dan cerpen Arum bisa dilihat DI SINI. Selamat mencoba mengirim cerpen ke Nova dan semoga berhasil.

Cerpen lainnya yang pernah dimuat NOVA:

1. HADIAH TERINDAH  

2. LELAKI YANG GELISAH

3. SENYUM YANG INDAH 

4. SURAT CINTA 

5. NGIDAM 
Update 25 Januari 2019: Sayangnya, sejak beberapa waktu lalu NOVA terlihat tidak lagi memuat cerpen. 
Update 21-11-2019: Nova kadang memuat lagi cerpen, tapi tidak setiap terbit yang seminggu sekali. Kadang beberapa minggu tidak ada cerpennya. Begitu memang keadaannya, menyedihkan hehe...
Update 6-2-2020: Ada pemberitahuan dari Redaksi Nova: Untuk pemuatan cerpen selanjutnya Nova bekerja sama dengan Storial.co. Cerpen yang tayang di Nova jadinya "Tidak Berhonor". Menyedihkan ya.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "CARA MENGIRIM CERPEN KE TABLOID NOVA"

  1. Hatur nuhun informasina, Kang. Semangat nulis lagi! :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Kalo puisi bisa juga gk dimuat

    BalasHapus
  4. Mbak Ely, di Nova tidak ada rubrik puisi.

    BalasHapus
  5. Ada info kah dimana dan bagaimana cara mengirimkan cerpen dan ada honornya?

    BalasHapus
  6. Biasanya selalu ada honornya, Mbak Selly. Caranya, kita tinggal mengirim cerpennya ke alamat yang tertera. Bila lolos seleksi ya ditayangkan dan mendapat honor. Untuk tahu alamat-alamatnya, sebagian ada di sini: http://dongengyusrismail.blogspot.com/2015/07/alamat-media.html

    BalasHapus