BELAJAR KHUSUS MENULIS CERPEN/CERNAK BERSAMA SAYA


cerpen yus r. ismail
Maaf ya, sementara kuotanya sudah penuh.

Entah ide dari mana, tiba-tiba saja saya ingin berbagi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman, tentang MENULIS CERPEN/CERNAK. Saat ini media cetak (koran/majalah) tempat cerpen/cernak ditayangkan memang semakin banyak yang berguguran (tidak terbit) atau TIDAK MEMBERI HONOR, tapi keterampilan menulis cerpen tetap menjadi sesuatu yang luar biasa.
Secara ekonomi, berguguran media cetak dibarengi dengan bertumbuhnya media online. Dunia perbukuan juga masih tetap membutuhkan para penulis cerita yang baik. Secara spiritual, wah ini panjang untuk diceritakan. Pokoknya, menulis itu bisa dipakai terapi untuk hidup yang tenang, yang indah, yang .... (bebas isi sendiri).
Ok, kriteria yang saya inginkan sebenarnya seperti ini: sudah pernah menulis cerpen/cernak (berusaha menulis) tapi belum pernah tembus ke media. Bagi yang berbahasa ibu Sunda, boleh juga belajar menulis Carpon (carita pondok). Sekali lagi : DIUTAMAKAN YANG BELUM PERNAH / HANYA SESEKALI TEMBUS MEDIA. Yang penting SEMANGAT. Jangan memble dikasih tugas.  Jadi, targetnya untuk tembus ke media/penerbit.
Mengenai BERBAYAR. Boleh bayar berapapun, kapanpun, dari honor menulis sekalipun (bila sudah ada yang tembus media sekalipun). Atau boleh dengan kopi teman saya memeriksa cerpen. Atau dengan bibit bebungaan teman saya bila sedang jenuh baca dan nulis. Atau dengan apa lagi ya hehe....
Oh iya, waktunya santai saja ya. Bisa sampai kapan pun, sampai target TEMBUS MEDIA atau BUKU DITERBITKAN (penerbit mayor ya), bukan penerbit yang malah penulis bayar hehe.
Dan yang paling utama, semoga ADA MANFAATNYA. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BELAJAR KHUSUS MENULIS CERPEN/CERNAK BERSAMA SAYA"

Posting Komentar