KAMUS BASA SUNDA

cerpen yus r. ismail

PARANTOS MEDAL
SUDAH TERBIT



Bahasa, dalam setiap kurun waktu tertentu senantiasa mengalami perubahan. Perubahan itu merujuk pada pengayaan unsur-unsurnya, yakni kata, frase, ataupun kata majemuk, serta idiom-idiom mutakhir; ada pula yang merujuk pada penyusutan kata-kata karena sudah tak lagi produktif digunakan di masyarakat untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Terhadap perubahan unsur kebahasaan tersebut, perlu ada kegiatan dokumentasi dan penyelamatan sebagai upaya perekaman suasana dan situasi budaya pada kurun tertentu. Upaya ini banyak gunanya dalam usaha pencatatan bahwa pada rentang waktu tertentu di tempat tertentu telah muncul kondisi masyarakat tertentu dengan segala atribut kebudayaan dan peradaban yang disandangnya.
Penyusunan kamus adalah satu di antara sekian banyak upaya pendokumentasi dan penyelamatan materi kebudayaan dan peradaban. Situasi kebahasaan tertentu diidentifikasi serta dimaknai dan dimuliakan sebagai hak milik pelaku budaya tertentu untuk diwariskan kepada generasi pemangku budaya di belakangnya. Dengan begitu –melalui upaya pendokumentasian dan penyelamatan tadi, materi kebahasaan yang berlaku pada kurun waktu tertentu suatu saat akan banyak ‘berbicara’ dan memberikan informasi yang sangat berharga dalam perjalanan rentang sejarah perihak kebudayaan dan peradaban.
Maka, kamus yang kini tengah berada dalam genggaman Anda, merupakan potret atau dokumentasi perihak kebudayaan dan peradaban pada masayarakat Sunda yang tengah terjadi saat ini. Unsur-unsur kebahasaan mulai dari fonem, morfem, frase, kata majemuk yang berkembang saat ini dihimpun dan dituliskan secara alfabetis untuk dijadikan pegangan dan panduan dalam melakukan komunikasi, terutama bagi masyarakat yang sangat memerlukannnya. Cara penyusunannya digarap dengan sangat sederhana, dengan tujuan bisa memudahkan para pengguna bahasa untuk mencari tahu tentang arti dan makna satu kata tertentu, hingga ke tahapan frasa, kata majemuk sembari menyertakan contoh-contoh penerapannya dalam susunan yang lebih sempurna seperti babasan, paribasa, atau rangkaian bahasa sastrawi lainnya.
Di samping memunculkan kata-kata baru yang berkembang pada masa-masa mutakhir, buku kamus ini juga masih menghadirkan kata-kata yang tidak terlalu produktif lagi digunakan dalam percakapan sehari-hari di masyarakat. Keperluan ini tiada lain sebagai upaya tadi, yakni pendokumentasian dan penyelamatan materi kebahasaan. Kelak, generasi muda berikutnya akan turut mencatat pula, bahwa pada masa sebelumnya pernah ada kata-kata sedemikian rupa yang digunakan oleh pelaku budaya pada suatu kurun waktu tertentu di masyarakat Sunda.
Kamus Basa Sunda ini diperuntukkan sebagai pendamping awal bagi siapapun yang belajar bahasa Sunda. Apakah itu pelajar, mahasiswa, dan siapapun seringkali memerlukan kamus seperti ini untuk meyakinkan apa yang diucapkan atau apa yang dituliskan. Semoga membantu.
Maka selamat menggunakan buku kamus sederhana ini. Tabik.

Bagi yang ingin memiliki bisa beli di Shopee dengan klik KAMUS SUNDA-INDONESIA atau klik fotonya: 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KAMUS BASA SUNDA"

Posting Komentar