Cara Mengirim Cerpen ke Kompas.id



Saat ini media massa yang memuat karya sastra (cerpen/puisi) rupanya sudah bergeser. Banyak media cetak yang tidak terbit lagi. Atau ada juga yang tidak lagi memuat karya sastra dengan berbagai alasan. Tapi meski begitu, semakin banyak media daring yang memuat karya sastra. Jadi, bagi yang suka menulis cerpen atau puisi, jangan patah semangat. Banyak tempat untuk menyalurkan hasil berpikir dan gelisah kita.

Salah satu media daring yang getol memuat cerpen adalah kompas.id. Kenapa saya bilang “getol”, karena saya lihat yang asalnya seminggu satu semakin ke sini memuatnya menjadi dua cerpen seminggu. Saya akan cerita pengalaman saja ya. Bagaimana sih caranya agar cerpen kita dimuat kompas.id?

Jujur saja, saya tidak tahu jawabannya sama sekali. Saya tidak tahu selera Redaksi kompas.id ke mana, yang disebut cerpen bagus menurut mereka seperti apa, dan bagaimana triknya agar cepat dimuat. Saya hanya ingin menceritakan pengalaman saja. Setidaknya ada 4 cerpen saya yang pernah dimuat kompas.id. Ini beberapa catatan saya:

1.      Panjang karangan sepertinya sedang saja untuk cerpen saat ini. Cerpen untuk media cetak saat ini berkisar antara 1000-1200 kata. Terkecuali beberapa media seperti Kedaulatan Rakyat ya yang ruangnya memang kecil. Karena kompas.id ini daring, sepertinya lebih fleksibel untuk panjang karangan. Cerpen pertama saya, Delman judulnya, panjangnya 1359 kata. Tapi cerpen lainnya: Jampe Pamake 1094 kata, Poligami 1459 kata, Kecebur Got 1122 kata. Semoga bisa menjadi patokan bagi yang ingin mengirimkannya.

2.      Cerpen Delman saya kirim tanggal 3-7-2019 dan dimuat 30-11-2019. Lumayan lama juga, empat bulan lebih. Tapi cerpen keempat, Kecebur Got, saya kirim 25-3-2021 dan dimuat 1-5-2021. Lumayan cepat, Satu bulan lebih beberapa hari. Mungkin karena saya lihat cerpen yang dimuat kompas.id ini semakin banyak. Makanya, cepetan deh kirim.

3.      Ini adalah alamat email kompas.id: cerpen@kompas.id. Honornya bila cerpen kita dimuat adalah Rp 250.000, ditransfer sekitar seminggu setelah dimuat.

4.      Jadi, cobalah kirim cerpen ke kompas.id. Jangan lupa, cari tahu cerpen yang pernah dimuat di sana, baca-baca, pelajari. Begitu caranya kalau saya belajar ingin tembus ke satu media.

5.      Semoga berhasil. Bila ada info lainnya yang lupa belum tertulis, insyaallah saya tambahkan nanti.

6.       Bila ada yang belum jelas, tanyakan deh di kolom komentar, insyaallah dijawab....

Rancakalong, 7 Juni 2021

 

Oh iya, ini cerpen saya yang pernah dimuat kompas.id:

DELMAN

JAMPE PAMAKE

POLIGAMI

KECEBUR GOT

Baca juga nih panduan menulis dari penulis keren: AKU BISA NULIS FIKSI



Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Mengirim Cerpen ke Kompas.id"

  1. untuk format file cerpennya apa ya mas? misalnya font apa, ukuran berapa gitu

    BalasHapus
  2. Saya pake font Calibri, 12, spasi 1.5

    BalasHapus
  3. halo mas, saya tanya, kirim cerpen itu ada syarat2 yang harus disiapkan tidak ya? apakah email itu hanya berisi file cerpen? tidak ada berkas syarat lainnya untuk dilampirkan? seperti ktp, foto atau biodata diri??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah biodata, no rekening, biasanya ada yang minta juga foto.

      Hapus
  4. lho honornya hanya 250 kah mas? saya baca di artikel2 katanya honornya 500-1jt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang satu juta, malah lebih, itu Kompas Cetak.

      Hapus