GADIS DI TEPI JENDELA
why do you love me
so sweet and tenderly
Setiap saya memutar lagu lama dari Koes Plus, gadis itu selalu
berdiri di tepi jendela. Belum pernah kami berpandangan. Matanya selalu menatap
ke jauhnya, ke sepanjang sungai Cikapundung. Saya sering memperhatikannya. Juga
selalu ada perasaan ingin mengenalnya. Tapi kamar kost saya dan kamar (kost?)
dia terlalu jauh, dipisahkan sungai Cikapundung. Juga suara gemuruh sungai
sangat mengganggu untuk bercakap-cakap.
Maka saya hanya bisa mengira-ngira. Di sepanjang sungai berair
coklat ini, di sekitar alun-alun Bandung, rumah-rumah berderet, kamar-kamar
bertingkat dibuat dan dikostkan. Kadang ada kamar yang permanen, tapi ada juga
yang dibikin asal jadi. Semuanya memang laku. Di seputar alun-alun ini banyak
pegawai kecil butuh penginapan. Penjaga toko, waitres, gadis
penghitung angka bilyard, pegawai message, salon,
wts kecil yang sering nongkrong di tempat dangdutan, semuanya mencari
kost-kostan di seputar sini.
Saya termasuk di antara mereka. Sudah sebulan saya bekerja di toko kue. Dari gaji yang lumayan itu saya sisihkan untuk menyewa kamar. Sengaja saya memilih kamar yang dekat sungai. Dari kamar saya tinggal selangkah untuk duduk-duduk di dam aliran sungai. Sejak kecil saya memang menyenangi suasana alam. Meski Cikapundung banyak sampahnya, tapi malam hari indah dan menyenangkan.
Saya termasuk di antara mereka. Sudah sebulan saya bekerja di toko kue. Dari gaji yang lumayan itu saya sisihkan untuk menyewa kamar. Sengaja saya memilih kamar yang dekat sungai. Dari kamar saya tinggal selangkah untuk duduk-duduk di dam aliran sungai. Sejak kecil saya memang menyenangi suasana alam. Meski Cikapundung banyak sampahnya, tapi malam hari indah dan menyenangkan.
Setiap pulang kerja, sekitar pukul 19.00, sebelum mandi saya
selalu duduk-duduk di dam sambil merokok. Tape kecil saya hampir memutar lagu
yang itu-itu saja, karena saya memang tidak punya kaset banyak. Saat itulah,
ketika diputar lagu why do you love me, saya selalu melihat gadis
itu berdiri di tepi jendela.
Bisa jadi ia adalah seorang penjaga toko atau gadis penghitung
angka bilyard. Tapi melihat wajahnya yang rada mirip Cheche Kirani, mungkin
saja ia adalah pegawai hotel berbintang. Bisa saja toh ada pegawai bergaji
besar yang ingin kost di seputar sini. Sudah saya bilang, siang hari memandang
Cikapundung memang kurang menyenangkan karena banyak sampah, tapi malam hari
tetap menggetarkan. Apalagi jika bulan memberi suasana senyap. Cikapundung
malam hari seperti mencekamnya gambar-gambar film Garin Nugroho.
Ah, tapi bekerja di manapun dia, apa perdulinya saya. Yang lebih
membuat penasaran, mengapa ia hanya berdiri di tepi jendela bila diputar lagu
yang itu-itu saja.
y do everything
you make me hapy
Bisa jadi lagu itu adalah
kenangannya. Lagu yang selalu mengingatkan akan kisah cintanya dengan pacarnya
yang telah pergi entah ke mana. Bukankah tidak ada yang lebih menggetarkan di
dunia ini selain mengenang perasaan yang pernah singgah? Atau mungkin ia
seorang penyanyi bar yang sedang menghapal lagu itu. Atau semuanya hanya
kebetulan. Kebetulan ia ingin berdiri di tepi jendela dan saya kebetulan
memutar lagu itu. Bukankah tidak ada yang mustahil?
Dugaan seperti itu sebenarnya tidak menjadi pikiran saya. Hidup
saya sudah penuh dengan menduga-duga. Sampai sekali waktu, ketika saya sedang
memandangnya, gadis itu tersenyum. Saya berkeliling mencari kamar-kamar lain
yang terbuka dan penghuninya sedang menikmati Cikapundung malam hari. Tapi
tidak ada kamar yang terbuka. Berarti gadis itu tersenyum kepada saya. Saya
membalas senyumnya. Saya melambaikan tangan. Saya memberi isyarat bahwa saya
ingin berkenalan. Tapi dia mengggeleng.
**
why do you love me
so sweet and tenderly
Setiap pulang kerja saya memutar lagu itu. Saya melambaikan tangan
begitu melihat gadis itu dan mengharap ia tersenyum. Berkali-kali saya
memberikan isyarat bahwa saya ingin kenalan. Pernah saya memata-matai penghuni
rumah itu, tapi gadis itu belum pernah saya dapatkan di luar rumah. Sampai
sekali waktu, sepulang kerja, saya menemukan sehelai kertas di bawah pintu.
Terima kasih kamu selalu memutarkan lagu kesenangan saya. Ttd.
Santi.
Sejak itu saya yakin bahwa gadis itu memberikan respon kepada
saya. Saya berpikir untuk sekali waktu datang ke tempat kostnya. Saya ingin
mengenalnya lebih jauh.
Terlalu berlebihan kalau dibilang saya telah jatuh cinta
kepadanya. Tapi wajahnya yang lembut, senyumnya yang menawan, rambutnya yang
tergerai, mengingatkan saya kepada senja di sebuah taman. Di sana, bunga-bunga
yang bermekaran membentuk siluet tersendiri. Seandainya waktu adalah selembar
kertas, saya akan memotongnya saat senja dengan matahari jatuh di atas taman.
Saya akan membawanya ke mana-mana. Saya akan menciumnya dalam-dalam seperti
saya menghirup bunga sedap malam yang harumnya tak pernah membosankan.
Begitulah, gadis dalam bingkai jendela itu menjadi semacam suasana
yang menggetarkan bagi saya. Saat matanya memandang ke jauhnya, saat senyumnya
mekar menjadi satu-satunya bunga yang tumbuh di deretan rumah-rumah itu, saat
rambutnya tergerai dan sebagian dimainkan angin; saya mendapatkan
cekaman-cekaman yang mempesona seolah saya tahu dan memahami masa lalunya.
Padahal pengetahuan saya tentang dia tak lebih dari menduga-duga. Atau mungkin
perasaan itu timbul karena saya telah jatuh hati kepadanya. Ah, memalukan
membicarakan cinta terhadap orang yang belum dikenal sama sekali.
Malam besoknya saya menemukan lagi selembar kertas di bawah pintu.
Isinya pendek saja: Tahukah kamu bagaimana menyakitkannya dicintai oleh
orang yang kita cintai?
Saya tidak bisa mengerti.
Mengapa mesti menyakitkan dicintai oleh orang yang kita cintai. Malah
semestinya kita bersyukur. Saya ingin menanyakan arti kalimat itu kepada gadis
di tepi jendela yang saya kira si pengirim surat-surat itu. Tapi gadis itu
tidak lagi memperhatikan saya. Berkali-kali saya meminta perhatiannya dengan
gerakan-gerakan tangan, tapi ia tetap memandang ke sepanjang sungai
Cikapundung. Sampai saya cape sendiri dan membiarkan suasana sunyi seperti
malam-malam lainnya. Sayup-sayup saya dengar lagu itu.
why do you love me
so sweet and tenderly
Mungkin pernyataan itu ada
kaitannya dengan lagu ini. Tapi saya kehabisan imajinasi untuk
mengira-ngiranya. Apalagi sejak itu si gadis di tepi jendela tidak lagi mau
memperhatikan saya. Dia asyik dengan dunianya sendiri, dunia yang dibentuk oleh
kesenyapan malam, gemuruh sungai, angin yang menyisir, bulan yang pucat, suara
kendaraan dari kejauhan, bunyi pedagang mie tek-tek, dsb.
Saya tidak bersemangat pulang begitu waktu kerja selesai. Saya
merasa gadis di tepi jendela itu tidak lagi memberi respon kepada saya. Sampai
sekali waktu, sepulang kerja, saya menemukan beberapa helai kertas di bawah
pintu. Warnanya sedikit menguning. Saya pikir kertas itu adalah sobekan dari
buku harian karena ada tanggal dan tahunnya. Hurupnya kecil-kecil, seperti yang
hati-hati menuliskannya. Dengan perasaan ingin tahu saya cepat membacanya:
Usia saya 20 tahun
sekarang. Saya tidak tamat SMP ketika datang ke Bandung. Orang tua saya petani
miskin. Saya anak tertua dari delapan bersaudara. Saya bekerja di sebuah
swalayan. Gaji saya tidak seberapa, apalagi sebagian besar dipakai sewa kamar
dan mengirim ke kampung. Saya bosan menjalani hari-hari yang serba kekurangan.
Sampai kemudian seorang teman mengajari bagaimana menikmati hidup di kota besar
seperti Bandung. Susah payah saya belajar menikmati hidup seperti itu. Saya
menikmatinya dengan uraian airmata dan kesakitan. Tubuh saya memang mulus tapi
hati saya berdarah. Saya menjual segala yang saya punya, juga pemberian Tuhan
itu.
Sampai sekali waktu seorang remaja, katanya baru semester satu
kuliah, menyatakan cinta kepada saya. Saya tertawa karena kata-kata cinta
adalah makanan sehari-hari buat saya. Tapi ketika dia memberi cinta dengan
bahasa lain, saya terhenyak dan diingatkan kembali tentang kelembutan perasaan
itu. Setiap hari dia menemui saya di tempat kerja. Setiap hari dia memberi saya
puisi. Setiap hari dia ingin mengantarkan saya pulang. Setiap hari dia
menyatakan ingin tahu tempat kost saya dan bertandang setiap malam Minggu.
Saya takjub ketika dengan tangan yang bergetar dia menggenggam
tangan saya. Dia menciumnya dalam-dalam. Ah, diam-diam saya pun merindukan
perasaan seperti itu. Tapi setiap pelanggan menjemput, saya diingatkan kembali
bahwa cinta telah hilang dalam hidup saya. Karenanya saya tidak memberi respon
kepada remaja itu, meski dengan hati yang menangis. Dalam keadaan seperti itu,
tahukah bagaimana menyakitkannya dicintai oleh orang yang kita cintai? Saya
memang sudah biasa menangis dalam hati. Saya memang tidak lagi percaya dengan
mulut yang bilang cinta. tapi ketika remaja itu meninggal karena berkelahi
dengan seorang langganan saya yang menjemput, saya tidak tahan.
Selembar lainnya hanya berisi sebuah kalimat: Terima
kasih, kamu telah mengingatkan saya tentang cinta, makhluk yang bertahun-tahun
saya bunuh tapi tak pernah mati.
Saya pikir menarik juga ceritanya. Saya bergegas ke belakang untuk
menemui gadis di tepi jendela itu. Tapi belum sempat saya menggerakkan tangan
untuk bertanya, gadis itu melambaikan tangan dan pergi. Benarkah ini kisah
gadis yang suka lagu why do you love me itu?
Besoknya saya mendatangi rumah di seberang sungai. Tapi tak
seorang pun yang tahu tentang Santi. Penghuni kamar yang jendelanya menghadap
sungai itu adalah Dewi, seorang pegawai diskotik yang pergi sore pulang pagi.
Saya merasa seisi rumah itu menyembunyikan Santi. Karenanya setiap pagi saya
menunggu di depan rumah itu. Sampai seorang tetangga memanggil saya.
“Kamar itu memang pernah ditempati Santi, seorang penjaga
swalayan, tapi itu setahun lalu,” katanya. “Entah kenapa, dia melompat ke
sungai dan meninggal. Sengaja cerita itu disembunyikan biar yang kost tidak
takut. Di mana kamu kenal Santi?”
Saya bergegas pulang. Saya harus secepatnya pindah kost. Tapi saya
masih sempat menuliskan sebuah kalimat di buku harian: Tahukah kamu
bagaimana menyakitkannya dicintai oleh orang yang kita cintai? Saya
tidak berharap hantu itu terlanjur membalas cinta saya.
***
Cerpen ini pernah dimuat Pikiran Rakyat, ditulis masa awal saya datang ke Bandung, kuliah tingkat satu-an, tahun 1990-an.
0 Response to "GADIS DI TEPI JENDELA"
Posting Komentar